Senin, 23 Mei 2011

Naik Sepeda Menuju Pulau Komodo

Senin, 23 Mei 2011 | 20:31:19

SEMARANG (EKSPOSnews): Empat alumni Universitas Negeri Semarang akan melakukan perjalanan dengan bersepeda dari kampus Unnes menuju Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, guna menyosialisasikan langkah konservasi.

"Kami menargetkan sampai ke Pulau Komodo pada 10 Juni 2011, dan jika lancar sudah kembali ke sini 3 Juli mendatang," kata ketua tim ekspedisi itu, Wartono, menjelang pemberangkatan dari kampus Unnes, di Semarang, Senin 23 Mei 2011.

Keempat peserta tim ekspedisi itu adalah Wartono (alumni Jurusan biologi,FMIPA), Rif'an Effendi (FE), Dewan Dwi Anggoro (Fakultas Ilmu Pendidikan ), dan Aji Prabowo (Fakultas Bahasa dan Seni).

Ia mengatakan, ekspedisi yang dinamai "Bike to Campuss IKA Unnes Gowes Konservasi ke NTT" itu diilhami oleh moto Unnes sebagai kampus konservasi yang menggiatkan kegiatan bersepeda karena lebih ramah lingkungan.

Unnes, katanya, menyosialisasikan kepada seluruh mahasiswa agar menggunakan sepeda ke kampus karena ramah lingkungan dan untuk menyikapi tingginya tingkat polusi udara yang ditimbulkan asap kendaraan bermotor.

"Dalam ekspedisi ini, kami juga akan napak tilas ke Ende, yang menjadi tempat pengasingan Presiden RI pertama, Ir. Soekarno, sekaligus memeringati Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh setiap 20 Mei," katanya.

Selama perjalanan sepeda itu, katanya, tim ekspedisi akan singgah ke berbagai perguruan tinggi yang dilalui seperti Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Udayana Bali, dan Universitas Mataram, NTT.

"Kami juga akan mampir di berbagai kantor dan instansi pemerintahan yang dilewati dalam ekspedisi "nggegowes" (bersepeda, red.) ini," kata.

Ia mengaku kerap mengikuti turing bersepeda di berbagai kota.

Pada persinggahan di berbagai lokasi itu, katanya, tim ekspedisi Unnes akan melakukan berbagai kegiatan konservasi seperti penanaman bibit tanaman untuk menjaga kelestarian lingkungan melalui gerakan penghijauan.

Ia juga mengaku sudah menyiapkan berbagai peralatan yang dipegang masing-masing anggota ekspedisi seperti Rif'an memegang perlengkapan operasional, Dewan memegang logistik, dan Aji memegang peralatan dokumentasi.

"Kami memperkirakan perjalanan menuju Pulau Komodo ini memakan waktu sekitar 40 hari. Kami meminta doa dan dukungan dari seluruh masyarakat agar ekspedisi kami berjalan lancar dan tanpa hambatan berarti," katanya.

Pembantu Rektor III Unnes, Masrukhi yang melepas tim ekspedisi itu mengatakan, mereka hendaknya menjaga sikap dan perilaku selama perjalanan bersepeda, terlebih mereka membawa nama baik almamater.

"Waspada dan berhati-hati selama di perjalanan. Itu wajib hukumnya, selain mereka harus melaksanakan apa yang sudah ditargetkan dalam ekspedisi ini. Kami mendoakan ekspedisi ini berjalan lancar dan sukses," katanya.

Ia mengingatkan tim ekspedisi agar bersosialisasi dengan kehidupan masyarakat di wilayah yang dilalui seperti di kelompok karang taruna di pedesaan setempat, meski hal itu hanya bisa dilakukan secara singkat.(an)

Sumber: http://eksposnews.com/view/25/23452/Naik-Sepeda-Menuju-Pulau-Komodo.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar